Lentera Islam - Kajian Fiqih & Aqidah Islam Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah S.A.W.

SHALAT TAHAJJUD BERJAMA'AH?

JAWABAN SYEKH ALI JUM'AH (MUFTI MESIR).
الموضوع: حكم صلاة التهجد جماعة في المسجد.
السؤال:
اطلعنا على الطلب رقم 1916 لسنة 2003 والمتضمن أن السائل يطلب بيان الحكم الشرعي في صلاة التهجد جماعة في المسجد في العشر الأواخر من رمضان.
Judul: hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid.
Pertanyaan:
Setelah kami membaca permohonan no.1916 tahun 2003 yang isinya bahwa penanya meminta penjelasan hukum shalat tahajjud berjamaah di masjid di sepuluh terakhir ramadhan.

المفتى :
فضيلة الاستاذ الدكتور/ علي جمعة.
الجواب:
ذهب جمهور الفقهاء إلى جواز صلاة التطوع _ كالتهجد والتراويح وغير ذلك _ جماعة وفرادى لأن النبي صلى الله عليه وسلم فعل الأمرين وإن كان الأفضل في غير التراويح الصلاة في المنزل لقوله صلى الله عليه وسلم : " صلاة المرء في بيته أفضل من صلاته في مسجدي هذا إلا المكتوبة " رواه أبو داود .
وذهب بعض الفقهاء إلى كراهة الجماعة في النافلة _ غير التراويح _ إذا قصد بها الرياء. .
وبناء على ما سبق وفي واقعة السؤال : فيجوز شرعاً صلاة التهجد في جماعة بالمسجد تحصيلاً لثوابها وحثاً للناس عليها والكراهة المذكورة عند بعض الفقهاء محمولة على الجماعة التي يقصد بها الرياء فقط.
ومما ذكر يعلم الجواب عن السؤال
والله سبحانه وتعالى أعلى وأعلم
Mufti: Syekh Prof.DR.Ali Jum’ah.
Jawaban:
Menurut para ahli fiqh, boleh hukumnya shalat sunnat –seperti tahajjud, tarawih dan lain-lain- dilaksanakan berjamaah atau sendiri-sendiri, karena Rasulullah Saw melaksanakan kedua cara ini, meskipun untuk shalat sunnat selain tarawih lebih afdhal shalat di rumah, karena Rasulullah Saw bersabda: “Shalat seseorang di rumahnya lebih afdhal daripada shalat di masjidku (masjid nabawi), kecuali shalat wajib”. HR. Abu Daud.
Menurut sebagian ahli fiqh, makruh hukumnya melaksanakan shalat sunnat berjamaah –selain tarawih- jika tujuannya riya’.
Berdasarkan dalil diatas, maka boleh hukumnya melaksanakan shalat tahajjud berjamaah untuk mendapatkan balasannya dan memberikan motifasi kepada orang banyak. Adapun hukum makruh yang disebutkan sebagian ahli fiqh itu mengandung makna jika berjamaah itu diniatkan untuk riya’.
(Fatawa Mu’ashirah, juz.1, hal.9).

JAWABAN SYEKH 'UTSAIMIN (ULAMA SAUDI ARABIA).
... وسئل فضيلة الشيخ - غفر الله له -: عندما يصلي الإنسان لوحده في صلاة جهرية، هل يجهر بالقراءة؟ أو هو مخير؟ وما حكم إقامة بعض الشباب صلاة التهجد جماعة في كل ليلة؟
... فأجاب فضيلته بقوله: يقول العلماء رحمهم الله تعالى: إن الإنسان إذا صلى وحده في صلاة الليل فهو مخير بين أن يجهر بالقراءة، أو يسر بها، ولكن إذا كان معه أحد يصلي فلابد من الجهر، ودليل ذلك حديث حذيفة بن اليمان أنه صلى مع النبي صلى الله عليه وسلم ذات ليلة، فقرأ النبي صلى الله عليه وسلم وشرع في سورة البقرة، وكان لا تمر به آية رحمة إلا سأل، ولا آية عذاب إلا تعوذ، قال حذيفة: فظننت أنه يركع عند المائة آية فمضى حتى أتمها، ثم قرأ بعدها سورة النساء، وآل عمران ثم ركع(1). رواه مسلم في صلاة المسافرين باب 27 - استحباب تطويل القراءة في صلاة الليل 1/536 ح203 (772).
... وهذا يدل على أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يجهر بذلك، ولولا هذا ما علم حذيفة بما كان يقف له عند آية الرحمة، وآية العذاب، وآية تسبيح، وأنه كان صلى الله عليه وسلم إذا مر بآية تسبيح سبح.
... وهنا إشكالان في هذا الحديث:
... الأول: هل تشرع صلاة التهجد جماعة أم لا؟
... الجواب على هذا الإشكال أن يقال: لا تشرع صلاة التهجد على وجه الاستمرار، أما أحياناً فلا بأس، فإن النبي صلى الله عليه وسلم صلى معه حذيفة بن اليمان كما في هذا الحديث، ومرة أخرى صلى معه العباس - رضي الله عنهما - ومرة ثالثة صلى معه عبد الله بن مسعود، ولكنه عليه الصلاة والسلام لا يتخذ هذا دائماً، ولا يشرع ذلك إلا في أيام رمضان، فإذا كان أحياناً يصلي جماعة في التهجد فلا بأس، وهو من السنة.
... وأما ما يفعله بعض الأخوة من الشباب الساكنين في مكان واحد من إقامة التهجد جماعة في كل ليلة هذا خلاف السنة.
Syekh ‘Utsaimin ditanya: ketika seseorang melaksanakan shalat sendirian pada shalat jahar, apakah bacaan ia jaharkan? Atau ia punya pilihan? Apa hukum sebagian pemuda melaksanakan shalat tahajjud berjamaah setiap malam?
Syekh ‘Utsaimin menjawab:
Para ulama berkata: jika seseorang melaksanakan shalat pada waktu malam, ia memilih antara bacaan jahar atau sir. Akan tetapi jika ia bersama orang lain, maka mesti jahar. Dalilnya adalah hadits Hudzaifah bin al-Yaman, ia shalat bersama Rasulullah Saw pada suatu malam, Rasulullah Saw membaca surat al-Baqarah, setiap melewati ayat rahmat beliau berdoa, setiap melewati ayat azab beliau memohon perlindungan. Hudzaifah berkata: “Menurut perkiraan saya ia akan ruku’ pada ayat ke seratus, akan tetapi beliau tetap berlalu hingga selesai. Kemudian setelah itu beliau membaca surat an-Nisa’ dan Al ‘Imran, kemudian beliau ruku’. Hadits riwayat imam Muslim dalam shalat al-Musafirin, bab: dianjurkan memanjangkan bacaan dalam shalat malam: 1/536 h 203 (772).
Ini menujukkan bahwa Rasulullah Saw melaksanakan shalat secara jahar, jika tidak jahar maka tidak mungkin Hudzaifah mengetahui Rasulullah Saw berhenti pada ayat rahmat, ayat azab dan ayat tasbih. Ketika Rasulullah Saw melewati ayat tasbih, beliau bertasbih.

Ada dua masalah dalam hadits ini:
Pertama: apakah disyariatkan shalat tahajjud berjamaah?
Jawaban terhadap masalah ini: tidak disyariatkan shalat tahajjud secara berjamaah secara terus menerus, adapun jika dilaksanakan sekali-sekali, maka boleh. Karena Rasulullah Saw shalat, bersama beliau ada Hudzaifah bin al-Yaman, sebagaimana dalam hadits diatas. Suatu ketika beliau shalat, bersama beliau ada al-‘Abbas. Kali ketiga shalat bersama beliau Abdullah bin Mas’ud. Akan tetapi Rasulullah Saw tidak melaksanakannya secara terus menerus. Tidak disyariatkan shalat Qiyamullai berjamaah secara terus menerus kecuali di bulan Ramadhan. Jika sekali-sekali dilaksanakan shalat tahajjud berjamaah, maka itu dibolehkan, bagian dari Sunnah.
Adapun yang dilaksanakan sebagian saudara dari kalangan pemuda yang tinggal di suatu tempat, mereka melaksanakan tahajjud secara berjamaah setiap malam, maka ini bertentangan dengan Sunnah.
(Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin: juz.13, hal. 104).
Share:

0 comments:

Post a Comment

Sample Text

Copyright © Lentera Islam .NET - Kajian Fiqih & Aqidah Islam Berdasarkan Al-Qur'an | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com